Kamis, 10 November 2016

Mengenal Pendiri Taekwondo, Jenderal Choi Hong Hi



Jenderal Choi Hong Hi
Melihat perkembangan olahraga bela diri Taekwondo yang sangat pesat, hingga saat ini Taekwondo menjadi salah satu bela diri yang paling banyak dimainkan di dunia. Sebagai seorang taekwondoin, mungkin kita begitu mudah untuk menyukai setiap gerakan-gerakan Taekwondo yang sangat indah, fleksibel namun mematikan.

Setelah kita mengenal Taekwondo, lalu kita berlatih dan akhirnya kita para taekwondoin begitu mencintai olahraga bela diri asal Korea ini, tapi sudah tahukah kita siapa yang mendirikan olahraga bela diri TAEKWONDO ini? Sebagai seorang taekwondoin, belum lengkap rasanya kalau kita tidak mengenal siapa pendiri Taekwondo. Kenalan yuk :-)



TaeKwonDo didirikan oleh Jenderal Korea, Cho-Hong-Hi. Beliau lahir pada 9 November 1918 di daerah Hwa Dae Myon Chun. Kehidupan beliau saat itu sangatlah keras karena Korea pada saat itu masih di bawah kekuasaan Jepang. Sejak usia belia, Beliau telah tertarik pada ilmu bela diri dan para gurunya melihat bakat tersebut, karenanya mulai dilatih seni bela diri kuno Korea, Taek-Kyon.
Pada tahun 1937, Choi-Hong-Hi muda melanjutkan pendidikan ke Jepang. disana ia belajar seni bela diri Jepang dengan antusias, sampai akhirnya Beliau mencapai sabuk-hitam dari bela diri tersebut.
Kemudian, Beliau memiliki ide,,, “bagaimana jika saya dapat menggabungkan dan kombinasikan seni beladiri kuno Korea (Taek-Kyon) dan bela diri Jepang ini.. tentunya dapat bermanfaat.. “
  
Setelah mengalami waktu-waktu panjang, akhirnya Beliau selesai meramu dan mempraktekkan bela diri ini , kemudian hari dinamakan Tae-Kwon-Do, yang dalam bahasa Korea sendiri, huruf hanja Tae, Kwon, dan Do memiliki arti sebagai berikut :
  • Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki
  • Kwon berarti “tinju“; dan
  • Do berarti “jalan” atau “seni“.
Jadi, Taekwondo dapat kita terjemahkan terjemahkan dengan bebas dengan arti : “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”.
Jenderal Choi Hong Hi dalam sebuah sampul majalah Taekwondo Times
Pada 5 Juni 2002, Jenderal Cho-Hong-Hi menghembuskan nafas terakhirnya, para TaeKwonDoin sedunia berduka.. kehilangan sosok tangguh.. Semangat tinggi.. dan berwibawa tersebut…
walaupun admin belum pernah mengenal secara langsung, saya turut merasa kehilangan…
Selamat Jalan Pak Jenderal..!
sumber :  http://taekwondoerel.blogspot.co.id/2013/10/mengenal-pendiri-taekwondo-jenderal.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.