Kamis, 10 November 2016

Perbedaan Antara Taekwondo dan Karate

Yang pertama kali terlintas di pikiran kita jika mendengar tentang Takwondo dan Karate adalah tempat beladiri ini berasal. Taekwondo dari korea, sedangkan karate berasal dari jepang. Karate di jepang berkembang di pulau okinawa setelah pengaruh budaya beladiri dari china masuk ke jepang. Sistem sabuk berwarna yang digunakan, dimaksudkan untuk menunjukkan pangkat dan tingkat kemahiran dalam karate. Sabuk putih menunjukkan jika yang memakainya adalah seorang pemula dalam karate, dan semakin gelap warna sabuk, maka semakin tinggi tingkat kemahirannya. Sabuk yang paling tinggi adalah sabuk berwarna hitam. Seseorang akan melalui ujian sebelum mendapat kenaikan tingkat, dan dapat mengganti sabuknya setelah kemahirannya dalam karate meningkat.

Taekwondo yang kita kenal sekarang dikembangkan di Korea dan menyerap banyak pengaruh dari Jepang. Pengaruh dari jepang masuk ke korea  selama pendudukan Jepang pada Perang Dunia Kedua. Korea juga mengadopsi sistem seragam dan sabuk, seperti pada karate. Di Amerika Utara, di mana kedua olahraga menjadi sangat populer, ada kompetisi terpisah yang diadakan untuk kedua jenis olahraga tersebut.
Dalam gaya bertarung Karate, penggunaan lengan dan tangan sekitar 60% sebagai gerakan memukul dan menangkis, sedangkan sisanya menggunakan kaki untuk menendang. Sedangkan Taekwondo kebalikannya, Penggunaan lengan dan kaki sekitar 40% sebagai senjata untuk menyerang dan menangkis, sedangkan yang 60% menggunakan kaki untuk menendang. Selain itu, tendangan dalam Taekwondo lebih tinggi, dan terarah pada kepala lawan. Kuda-kuda dalam Taekwondo lebih pendek, dan tidak serumit karate.
Kaum puritan dalam Karate bangga dengan kemampuan mereka dalam melakukan pukulan balasan yang kuat, menyerang dengan punggung kepalan tangan, kokohnya kuda-kuda dan teknik sapuan rendah. Mereka jarang menendang, dan jika mereka melakukannya, biasanya menyerang daerah perut ke bawah. Orientasinya adalah untuk menjatuhkan lawan dengan satu serangan terpadu. Para praktisi Taekwondo dikenal dengan penggunaan variasi dari teknik menendang yang berbeda-beda. Mereka akan melompat, berputar, melayang, dan mendorong, tendangan ganda dan melancarkan tendangan yang mengarah pada bagian atas tubuh lawan. Dari kedua jenis seni beladiri tersebut, Taekwondo lebih sering digunakan dalam film karena terkesan lebih spektakuler.


Ringkasan:
  1. Karate berasal dari Jepang sedangkan Taekwondo berasal dari Korea.
  2. Karate berkembang di pulau Okinawa, setelah pengaruh seni bela diri dari Cina masuk ke jepang. Taekwondo dikembangkan di Korea dan menyerap banyak pengaruh Karate Jepang, terutama selama masa pendudukan Jepang pada Perang Dunia Kedua.
  3. Gaya bertarung Karate gaya bertarung melibatkan 60% penggunaan lengan dan tangan untuk menyerang dan menangkis, sedangkan 40%-nya dalah penggunaan kaki untuk menendang. Dalam taekwondo berlaku kebalikannya, 40% penggunaan lengan dan kaki yang dikhususkan untuk menyerang dan menangkis, Sedangkan 60% sisanya memanfaatkan kaki untuk menyerang dengan tendangan.
  4. Taekwondo telah menjadi salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade sedangkan karate belum sumber : http://unakunik.blogspot.co.id/2015/12/perbedaan-antara-taekwondo-dan-karate.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.